Desain Interaksi Media Pembelajaran
Topic outline
-
Beban sks: 3 sks (2 sks Teori, 1 sks Praktikum)
Kode Mata Kuliah: CIE62020
Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk menguasai fundamental dalam perancangan user experience (UX) dalam konteks perancangan media pembelajaran berbasis komputer (e-learning), meliputi: 1. Pendekatan dan metodologi dalam perancangan UX; 2. Teknik-teknik analisis dalam perancangan UX; dan 3. Proses perancangan dan evaluasi UXSifat: Wajib
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Menguasai konsep dasar dari berbagai pendekatan, metode dan teknik dalam perancangan UX sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat dalam perancangan media pembelajaran.
- Mampu mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan UX, mengemukakan, merancang dan mewujudkan solusi berupa rancangan media pembelajaran, serta mengevaluasi keberhasilan solusi.
- Mampu bekerja bersama tim dengan penuh tanggung jawab dalam pengerjaan proyek perancangan interaksi media pembelajaran.
Pokok Bahasan Mata Kuliah:
- Pendekatan dan metodologi dalam perancangan UX
- Teknik-teknik analisis dalam perancangan UX
- Proses perancangan dan evaluasi UX
Pustaka:
- L. Glomann, “Introducing ‘Human-Centered Agile Workflow’ (HCAW) – An Agile Conception and Development Process Model,” 2018, pp. 646–655.
- “ISO - ISO 9241-210:2010 - Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Humancentred design for interactive systems.” [Online]. Available: https://www.iso.org/standard/52075.html.
- J. Gothelf, Lean Vs. Agile Vs. Design Thinking: What You Really Need to Know to Build HighPerforming Digital Product Teams. Sense & Respond Press, 2017.
- J. Knapp, J. Zeratsky, and B. Kowitz, Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days. Simon & Schuster, 2016.
- A. Harley, “Personas Make Users Memorable for Product Team Members,” 2015. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/persona/
- S. Gibbons, “Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking,” 14-Jan-2018. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping/.
- S. Gibbons, “Journey Mapping 101,” 2018. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/journey-mapping-101/
- A. Harley, “Ideation for Everyday Design Challenges,” 15-Jan-2017. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/ux-ideation/.
- C. Rohrer, “When to Use Which User-Experience Research Methods,” Nielsen Norman Group, 2014. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/which-ux-research-methods
- Link Referensi/E-book: Link E-Book
- Link RPS: RPS dan LK
-
Forum
-
-
Materi UX Storyboard: https://www.nngroup.com/articles/storyboards-visualize-ideas/
-
-
FileHasil UTS DIMP A File68.2 KB Excel 2007 spreadsheet
-
-
-
AssignmentUnggah Progres 1 Tugas Akhir MK DIMP Assignment
-
-
-
AssignmentProgres 2 Tugas Akhir MK Assignment
Petunjuk Pengerjaan:
- Unggah bagian Progres 1 diteruskan dengan Bab Metode Pengembangan (Model Pengembangan Desain Interaksi, Empathy Maps, User Journey Maps, Model Mental Media Pembelajaran, Storyboard, Crazy 8 dan Sketsa, Desain Micro-Interaction, dan Interaction Map atau User Flow Diagram)
- Cantumkan inisial nama anggota pada bagian laporan yang dikerjakan oleh anggota tersebut.
- Tugas ini hanya diunggah oleh ketua tim saja. Anggota hanya submit tanpa perlu mengunggah file laporan.
- Cantumkan Nama, NIM, dan kelas pada cover file PDF ini.
- Unggah bagian Progres 1 diteruskan dengan Bab Metode Pengembangan (Model Pengembangan Desain Interaksi, Empathy Maps, User Journey Maps, Model Mental Media Pembelajaran, Storyboard, Crazy 8 dan Sketsa, Desain Micro-Interaction, dan Interaction Map atau User Flow Diagram)
-
-
-
AssignmentUnggah Tugas Akhir MK (setelah direvisi) Assignment
Setiap Ketua Tim wajib mengumpulkan Laporan Tugas Akhir MK DIMP (Final) yang terdiri dari:
- Laporan Akhir (PDF)
- File Produk (.rar/.zip)
- Slide Pitch Deck (PDF)
-
-